« Home | MaLaIkAt PeLiNdUnG » | Eid Mubarak » | Mandikan Aku Bunda » | Kisah Yang Mungkin Nyata » | Marhaban Ya Ramadhan »

Mengapa Hidup Harus Saling Membantu

Memang saat kita SD diajarkan untuk saling membantu orang lain, tapi... setelah tua, kok sepertinya absurd?Mengapa hidup kita sulit? karena ego kita masing-masing.kasus: Misalnya dalam satu ruangan ada 100 anak kecil, dan 100 mainan anak-anak. Kalau dilihat, maka besar kecenderungannya anak-anak berebut pada mainan yang sama. itulah hidup. makanya banyak yang tidak kebagian.

Kebanyakan hidup ceritanya begini, A lagi sial, karena uangnya dipinjam B dan tidak dikembalikan, dan B uangnya lagi dipakai pacarnya orang Korea namanya C. C lagi jeblok karena tertangkap polisi pada waktu bersama D menipu orang lain namanya E. Nah, semuanya susah.Setiap orang selalu mengingat, uang saya Rp XXX di B, dan Rp YYY di C, dan Rp ZZZ di F. merasa hidup ini penuh dengan intrik-intrik.

Solusi: Coba misalnya masing-masing anak memberi mainan kepada anak yang lain, maka 100 anak semuanya kebagian.

Mengapa hidup harus saling membantu?

Misalnya ada A & B.
A B

Misalnya A membantu B, maka A tidak rugi, dan B merasa mendapatkan benefit (keuntungan). oleh karena itu secara total ada peningkatan benefit.

Misalnya B membantu A. B juga tidak merasa rugi, namun sebaliknya A merasa mendapatkan benefit. Pada waktu A & B saling membantu maka ada peningkatan benefitsecara dua kali lipat. Dan tidak ada yang dirugikan.Yang lebih bagus lagi, kalau A membantu B, dan seterusnya B membantu C, dan seterusnya, maka akhirnya juga kembali ke A. sehingga semuanya merasa terbantu dan tidak ada yang dirugikan.

Bantuan apa yang paling bagus? Bantuan advise, masukan, solusi, mengingatkan, second opinion, jalan keluar, dan lain-lain. yang paling penting bantuan semangat, harapan, dan doa.Semua itu gratis, namun hikmahnya besar.Bagaimana kalau satu sama lain saling menjatuhkan? Terjadi efek discourage satu sama lain, dan akhirnya membuat hidup kita menjadi sulit. itulah, makanya mengapa kita tidak perlu menanggapi orang yang berbuat jahat kepada kita, karena kalau kita membalasnya, kita akan masuk ke lingkaran orang jahat.

Hmmmm... boleh juga ide dibalik posting ini! Hehehe...
tapi jaman sekarang ya itulah... individualisme manusia semakin menjulang tinggi saja...

aduh mbak mudah2han aku gak termasuk orang2 yang mikirin money money money trus

hehehehe....itu namanya no money hno help...no money no pren kak....hehehehe....or no money nodong aja kali yach :)

Ugh!!!Semoga yoan bukan seperti itu hihihihi

bagus nih postinganya .. salut buat ibu satu ini .. ^_^

hai bu tina..kok ke aku jarang kasih nasehat seh...hehehe.
hidup yg indah kalau bisa kita bantu bagi yg membutuhkan...bener nggak bu...!

Setuju banget Tin, kalau ada yang jahat sama kita, kita ga usah bales dengan kejahatan. TUNJUKAN PADANYA BAHWA LEVEL KITA LEBIH DARIPADA DIA.

Kalau kita balas dengan kejahatan juga, sayang jiwa kita, bisa terbawa kotor..

Salam sayang selalu.

aihhh....makannya bantulah Daku mencari Jodoh:D
Hadiahnya:"Naek Haji Bila Mampu":D

so sweet Tin postingannya..menyejukkan hati :)

postingannya dalem *langsung introspeksi*

makasih ya kartina ucapan ultah dll nya. tengkiyu

-maknyak-
http://serambirumahkita.blogspot.com

semua orang memang mempunyai egosentris, sama-sama saling kepepet.. sepekat banget neh dng apa yg ibu tulis.. hehehe.

Nice posting nih Tin:) thanks ya:)

Hidup memang kompleks, jika hidup saling membantu tentu banyak masalah yang bisa dihindari. tapi that's life. semoga iri dan dengki jauh dari hati kita, dan kita tidak termasuk kedalam orang-orang yang tidak peduli & iri hati itu.

keep writing mom:) have a great day

masih suka terlintas di pikiran ini, kenapa orang tega berbuat jahat. membalas kejahatan dg kebaikan bukan sesuatu yang mudah sist. tapi semoga kita tidak tergolong ke dalam orang yg berbuat jahat.

setiap org hrs saling membantu tanpa pamrih..buktinya aku lg stress kmu bisa bikin aku ketawa lg...thx ya Tin..

disaat banyak kebutuhan yang bisa diakomodir dengan teknologi makin jauhlah kita dari peran sosial sesama... dilematis ya

Tante Tina, apa kabar, duh ternyata punya blog sendiri toh. Keren dan bagus2 tulisannya euy. Mohon maaf lahir bathin yah, blum terlambat kan..he...he..
Suka Pojok Humor yah tante ? Ibu kerjanya disitus itu lho :)

manusia kan serba terbatas.
gak mungkin hidup tanpa saling bantu..

Post a Comment